Meraih Sukses Sejati



Meraih Sukses Sejati


Menggapai cita-cita, impian, harapan, kemenangan, dan kebahagiaan
Meraih Sukses Sejati
1.       Mengenal Diri
Orang yang mengenal diriya dengan baik tentu sangat beruntung dan dapat mengoptimalkan kemampuanya untuk meraih sukses demi sukses dalam hidupnya.
Sayang banyak orang tidak mengenal dirinya dengan baik sehingga walaupun berbakat tapi tidak bisa berkembang, mengapa? Karena dirinya tidak menyadari, kalaupun menyadari mungkin tidak banyak orang tahu sehingga bakat itu tidak dimanfaatkan orang lain. Dua orang sarjana barat telah melakukan penelitian mengenai hal ini, menurut keduanya tiap orang mempunyai 4 (empat) jendela dalam dirinya : 
a.      Jendela pertama berisi bakat/kemampuan yang dirinya tahu dan orang lain juga mengetahuinyasehingga selain berguna untuk dirinya juga berguna untuk orang lain. Semakin lebar jendela ini semakin eksis, terbuka, dan bernilai jual yang tinggi. Kata kunci untuk memperlebar jendela ini mengembangkan diri dan jangan mengecewakan atau menolak jobs order dari orang lain, missal contoh anda berkompeten dibidang design maka jika ada orang butuh maka akan meminta anda untuk mebuatkan design dan ini bererti jobs order bagi anda dan tentu anda akan mendapat reward, semakin banyak reward yang diterima maka semakin kaya, jadi memperbesar jendela ini mendekatkan anda pada kesuksesan, dimanapun berada senanglah menerima saran, kritik, dan masukan dari orang lain.
b.      Jendela kedua berisi  hal-hal yang anda mengetahui tapi orang lain tidak mengetahui, sehingga sehebat apapun kompetensimu belum dikenal dan belum diakui oleh orang lain. Semakin sempit jendela ini semakin baik artinya semakin banyak orang yang tahu. Geserlah dengan mempersempit jendela ini dan alihkan pada jendela pertama. Kata kunci mempersempit jendela ini adalah berani dan sesering mungkin tampil dimuka umum demonstrasikan kompetensimu sehingga semakin banyak orang tahu, promosikan dirimu dengan ikut ambil bagian/peran dalam kegiatan sosial/umum. Jangan semakin lebar karena tidak manfaat dan tidak bernilai jual.
c.       Jendela ketiga adalah anda tidak tahu kompetensi diri tetapi banyak orang tahu bahwa anda memiliki kompetensi, maka anda akan sering kaget karena anda akan sering diminta untuk membantu orang lain. Kata kunci untuk mempersempit jendela ini adalah introspeksi dan mengembangkan potensi terutama yang sering kikatakan orang lain, percaya diri dan berani menerima jobs order.
d.      Jendela yang keempat adalah anda tidak tahu dan orang lain juga tidak tahu tentang kompetensi diri. Hal ini suatu misteri.

Diri Sendiri
Orang Lain
Tahu
Tidak Tahu
Tahu
1.       Diri sendiri dan orang lain tahu
Kata Kunci :
Makin lebar makin eksis/bernilai jual
Jangan mengecewakan dan menolak order
2.       Diri sendiri tahu orang lain tidak tahu
Kata Kunci :
Makin sempit makin baik
Berani tampil/promosi
Tidak tahu
3.       Diri sendiri tidak tahu orang lain tahu
Kata Kunci :
Makin sempit maka makin baik
Terima saran/masukan
Pengembangan potensi/percaya diri
4.       Diri sendiri dan orang lain tidak tahu

MISTERI ILLAHI

 Bagan Jendela Jauhari

2.       Analisa Perubahan Diri
Perubahan dalah keniscayaan, setelah anda kenal kompetensimu saat ini maka segera perkuat dan kembangkan terus keadaan yang kamu inginkan. Setelah mengenal kekurangan dan kelemahanmu saat ini maka perbaikilah dengan mengubah diri dengan kata kunci lawan kata dari kata kekurangan/kelemahanmu untuk memenuhi keadaan mendatangyang kamu inginkan. Perbedaan yang ada itulah yang harus diusahakan dan dicari solusinya hingga keadaan saat ini dapat ditambah atau dikurangi dengan solusi sehingga menjadi keadaan yang diinginkan.
Kondisi Saat Ini
Solusi/Cara
Kondisi yang Diinginkan
Belum menguasai IPTEK nya
Belajar iptek dengan kursus/privat
Magang kerja
Rekrut teknisi yang menguasai IPTEK
Menguasai IPTEK nya
  Bagan Perubahan Diri

 

3.       Analisa SWOT
Analisa terhadap strength/kekuatan, weakness/kelemahan seseorang erat kaitanya dengan opportunity/peluang dan threat /tantangan dari luar dengan maksud mengoptimalkan kekuatan dengan memperbaiki kelemahan diri untuk meraih keberhasilan mewujudkan peluang menjadi kenyataan yang menguntungkan. Dapat menyusun strategi yang efektif untuk mearih target.

Contoh analisa SWOT dalam bagan sbb :
Kekuatan
Kelemahan
Memperbaiki Kelemahan
Punya kebun apel
Punya akses jaringan
Pemasaran
Tidak ada modal dana
Malas
Belum tahu ilmunya
Takut gagal
Jual apel hasil kebun
Kumpulkan modal
Olahraga, bimbingan
Baca buku motivasi
Baca resep, uji coba
Uji coba produksi
Uji coba pasar
Peluang
Tantangan
Menghadapi Tantangan
Himbauan makan kripik apel
Event pameran produk masyarakat
Sudah ada pabrik kripik sebelumnya
Fanatisme Konsumen
Magang di pabrik
Cari celah untuk produk, layanan yang belum disentuh oleh pabrik
Memanfaatkan Peluang
Rumusan Strategi Mewujudkan Target
Ikut pameran kuliner
Promosi
Terima order
1.       Kumpulkan uang modal Rp 10juta penjualan apel dari kebun
2.       Ubah kelemahan menjadi kekuatan dan motivasi yang kuat
3.       Membaca, belajar ilmu industri kripik apel
4.       Uji coba produk sampai mendapat formula yang unggul dan unik
5.       Buat brand kripik apel yang unik dan gaul
6.       Magang di pabrik untuk mengetahui rahasia dan celah yang belum peluang yang belum disentuh oleh pabrik
7.       Ikut pameran kuliner
8.       Promosi, buat outlet dengan brand yang kuat, mencolok
Bagan Analisa SWOT

 

4.       Jadwal Kegiatan Sehari-hari 24 Jam
Dalam rangka memanage kegiatan individual sehari-hari perlu dibuat sebuah jadwal kegiatan dalam sehari selama 24 jam mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Jadwal ini akan sangat berguna untuk mengetahui apakah semua waktu kita telah dimanfaatkan dengan kegiatan positive atau bermanfaat? Tidaklah sulit menuliskan apa yang kita kerjakan, kita akan mengetahui kegiatan mana yang kurang dan mana yang waktu luang. Gunakan waktu luang untuk merintis karier, meraih target, cita-ciita dengan cara-cara dan langkah-langkah realistis dan tersusun dengan baik. Jadwal akan mengingatkan kita ketika kita memandangnya. Menempelkan jadwal ditempat yang kita sering memandangnya, maka jadwal akan sering mengingatkan kita apa yang harus kita lakukan saat itu, seraya mengontrol apakah kita telah menjalani hidup ini menuju keberhasilan.

Contoh format jadwal kegiatan sehari-hari 24jam :
No
Jam
Kegiatan
Cara
Kebutuhan
Target
Alat
Partner
Kuantitas
Kualitas
1
01.30
Bangun
Buka Mata
Tersenyum
Bersyukur
Duduk Berdo’a
Bangkit ke jading untuk wudhu
Alaram
Teman
1x Alaram
Sadar Betul
2
02.00
Sholat
Bilal
Tasbih
Hajat
Berdo’a
Dzikir
Baca Sholawat
Baca PR
Sesuai Tuntunan
Tempat Sholat
-
Sesuai Tuntunan
Khusuk
3
03.00
Tidur
Miring kekanan
Tempat Tidur
-
1 Jam
Lelap/Nyenyak
4
dst
dst
dst
dst
dst
dst
dst
  Bagan Jadwal Kegiatan Sehari-hari 24 Jam

 

5.       Cita-cita/Target
Setiap orang tentu punya cita-cita yang ingin diraihnya dalam hidup ini, namun banyak orang tidak tahu atau belum menuliskan cita-citanya sehingga cita-cita itu tidak pernah konsisten diusahakan diraihnya. Banyak waktu dibuang-buang untuk kegiatan yang tidak terkait dengan cita-cita. Semua orang ingin sukses, ingin bahagia, sejahtera lahir dan batin. Cita-cita bersifat samar, impian tidak terukur dan tidak ada target menyebabkan mengambangnya tujuan kita mau diarahkan kemana karena tidak ada tujuan yang jelas. Oleh karena itu tentukan target, tuluskan cita-citamu, dan buatlah jadwal target untuk mencapai cita-cita itu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.